Home » » Debian “iceweasel” browser

Debian “iceweasel” browser

Written By ahmad muazim abidin on Selasa, 22 Maret 2011 | 09.53

Logo Iceweasel : modifikasi Firefox untuk Debian
         Sebenarnya browser bawaan debian “iceweasel” ternyata adalah Firefox yang diubah namanya menjadi Iceweasel (Beruang Es) sedangkan program dari Mozilla lainnya, yaitu Thunderbird diubah menjadi Icedove. Hal ini dilakukan sejak tahun 2006. Kenapa harus diubah- ubah?


      Jawabannya ternyata Debian Mozilla menyatakan bahwa Debian tidak bisa menggunakan trademark Firefox untuk mendistribusikan Firefox yang telah dimodifikasi oleh Debian tanpa adanya izin dari pihak Mozilla.
Thunderbird versi Debian dengan nama icedove
                

              Sedangkan dari pihak Debian, mereka memodifikasi Firefox dengan dua alasan, yaitu mengubah artwork-nya yang tidak sesuai dengan Debian’s free software guidelines (Firefox dikatakan memiliki artwork yang non-free) dan untuk melakukan patch pada security Firefox. Oleh karena itu dibuatlah brand baru untuk Firefox pada Debian dengan nama Iceweasel. Walaupun namanya berbeda, tetapi pihak Mozilla memastikan bahwa Iceweasel berasal dari upstream yang sama dan hanya memiliki sedikit sekali perbedaan dengan Firefox.


Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger