Contoh Laporan Prakerin (2)


LAPORAN
HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI BENGKEL ‘’KAHURIPAN MOTOR’’
BANGILAN TUBAN

                                                                     
SISTEM REM TROMOL HIDROLIK

Disusun Oleh :
Nama                            : Dafit Suryanto
Nomor Induk Siswa     : 0955/312.020
Program Keahlian        : Teknik Mekanik Otomotif


SMK NEGERI 1 SINGGAHAN
Jl. Panglima Sudirman No. 100 Desa Mulyoagung
Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban
Telp.: (0356)631049
TAHUN PELAJARAN 2010/2011






LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH DAN INSTANSI

Laporan ini dibuat sebagai syarat
Terselesainya Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Di bengkel “KAHURIPAN MOTORBangilan, Tuban




Disahkan oleh:



                                                                              Singgahan, 07 Maret 2011
       Pembimbing DU/DI                                      Guru Pembimbing



                   AGUS.S                                                 M. NUR IRSYAD,ST       


Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Singgahan




Drs.MUJIONO,M.Pd
Pembina Tk. I
NIP. 19630715 198803 1 019



  •  

KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang melimpahkan berkah dan rahmatnya sehingga PRAKERIN yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2010 - 26 Oktober 2010 dapat disimpulkan dengan baik.
Adapun laporan ini disusun berdasarkan data yang penulis peroleh selama pelaksanaan PRAKERIN. Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir (UN). Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan lebih lanjut senantiasa penulis harapkan.
               Selanjutnya dengan tersusunnnya laporan hasil  prakerin ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.       Bapak Drs. Mujiono,S.Pd selaku kepala SMK Negeri 1 Singgahan.
2.       Ibu Luluk Muafiatin,S.Pd selaku wali kelas XI MO 1.
3.       Bapak M. Nur Irsyad,ST selaku guru pembimbing.
4.       Bapak Agus. S  selaku kepala bengkel ‘’KAHURIPAN MOTOR’’
               Besar harapan atas segala bantuan dan bimbingan yang telah diberikan semoga Allah berkenan menerimanya sebagai amal shaleh dan memberikan balasan yang berlipat ganda dan semoga laporan ini bermanfaat.Amin…



                                                                  Tuban, 05 Maret 2011
                                                                       Penulis


                                                                                      

                                                                        DAFIT SURYANTO




  •  


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………....ii
KATA PENGANTAR……………………………...…………….…iii
DAFTAR ISI…………………………………………………….…..iv
BAB I          PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang………………………………..………..1
B.     Rumusan Masalah………………………………....…..1
C.     Tujuan……………………………………...………….1
D.    Manfaat………………………………………..……….2
BAB II         LAPORAN HASIL PRAKERIN
A.    Pengertian Tromol Hidrolik……........………………...3
B.     Cara Kerja Rem Tromol Hidrolik.................................
C.     Bagian-bagian Rem Tromol Hidrolik............................
D.    Pemeriksaan, Perawatan Dan Penyetelan.......................
BAB III        PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………..………..9
B.     Saran………………………………………………….9
LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………10


  •  

BAB I
PENDAHULUAN

A.           LATAR BELAKANG
Seperti penulis ketahui bahwa setiap siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang menginjak kelas XI sebelum mengikuti ujian tahap akhir terlebih dahulu harus mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Dalam pelaksanaan Prakerin ini antara kelas satu dengan yang lain biasanya dibedakan waktu dan tanggalnya. Hal ini dikarenakan Pendidikan atau pekerjaan berbeda, disamping sebagai syarat mengikuti UAN juga bertujuan agar siswa setelah menerima pendidikan di sekolah dapat mempraktekkan pekerjaan di Instansi/DU/DI yang telah dipilih atau ditunjuk sekolah.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, penulis melaksanakan Prakerin di bengkel ‘’KAHURIPAN MOTOR’’ Kec. Bangilan, Tuban. Mulai tanggal 26 Juli 2010 sampai dengan 26 Oktober 2010. 

B.            RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam laporan hasil PRAKERIN yang penulis lakukan di bengkel ‘’KAHURIPAN MOTOR’’  adalah:
·          Bagaimana komponen dan cara kerja sistem rem tromol hidrolik ?

C.            TUJUAN
1.     Tujuan umum diadakannya Prakerin adalah:
a.     Mendorong siswa dalam mengembangkan kemampuan dan mendidik agar lebih mandiri dalam mencari materi diluar sekolah.
2.     Tujuan khusus
a.     Siswa mengetahui sistem kerja rem tromol hidrolik.
b.     Siswa mengetahui cara penyetelan rem tromol hidrolik.

D.           MANFAAT
1.     Bagi Siswa
·     Dapat menambah pengalaman kerja didalam dunia usaha.
·     Agar siswa mempunyai wawasan yang lebih luas tentang dunia
     kerja nyata.
·      Memupuk kesiapan mental sebelum memasuki dunia kerja.
2. Bagi sekolah
·        Menambah tanggungjawab, disiplin, terampil, dan wawasan siswa.
·      Terjadi hubungan baik antara instansi DU/DI dengan pihak sekolah.
3. Bagi Instansi/DU/DI
·     Membantu memperingan beban kerja Instansi/DU/DI.




  •  


BAB II
LAPORAN HASIL PRAKERIN

A.    PENGERTIAN REM TROMOL HIDROLIK
Rem tromol hidrolik menggunakan minyak rem sebagai perantara untuk meneruskan tekanan dari pedal rem ke kanvas rem didalam tromol. Cairan yang menuju ke segala arah waktu pedal ditekan disebut minyak rem.

B.    CARA KERJA REM TROMOL HIDROLIK
Cara kerja rem tromol hidrolik sederhana. Apabila pedal rem diinjak dengan tekanan tertentu maka minyak rem akan meneruskan tekanan tersebut kesilinder roda, selanjutnya piston silinder roda mengembang menekan kanvas rem. Tekanan kanvas rem tersebut mengenai dinding dalam tromol, sehingga terjadi pengereman.

C.     BAGIAN-BAGIAN REM TROMOL HIDROLIK
a.     Tromol Rem
Tromol rem pada umumnya dibuat dari besi tuang, pada waktu terjadi pengereman suhu tromol rem antara 200®-300®C, oleh karena itu tromol rem harus mudah menghantarkan panas. Permukaan tromol yang tidak rata mengakibatkan tromol rem bergerak pada waktu direm dan getaran tersebut akan diteruskan keseluruh badan kendaraan.


b.     Kanvas Rem
Kanvas rem harus cukup tebal. Apabila kanvas sudah tipis harus diganti karena mengakibatkan daya pengereman berkurang. Jarak antara kanvas dan tromol untuk semua kanvas harus sama. Jika tidak, maka pengereman menjadi tidak sempurna sehingga mobil akan berbelok kearah satu sisi (membanting) ketika direm.

c.      Silinder Roda
Silinder roda terdiri atas body dan piston didalamnya. Piston berguna untuk meneruskan tekanan hidrolik kekanvas rem sehingga dapat terjadi pengereman, apabila piston macet karena berkarat maka pengereman tidak akan terjadi

d.     Silinder Master
Silinder master berguna untuk meneruskan tekanan dari pedal rem keminyak rem sesuai dengan tekanan pengereman, silinder master terdiri atas piston, pegas pengembali dan katup keluar. Dan letak silinder master diatas dekat pedal rem.


e.     Reservoir
Reservoir adalah tempat menampung minyak rem, reservoir ada yang jadi satu dengan silinder master ada juga yang dipisah.

f.       Pipa Minyak Rem
Pipa minyak rem harus cukup kuat saat menerima tekanan minyak rem. Disamping itu pipa minyak rem harus cukup mudah dibengkokkan, tahan karat dan tidak mudah rusak oleh minyak rem.

D.    PENYETELAN, PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN

±    Dongkrak mobil (pada bagian depan).
±   Lepas baut roda dan roda-rodanya.
±   Keluarkan minyak rem dan tampung dalam bak plastik.
±   Dan lepas pada bagian-bagian berikut:

1.    Tromol
a.     Untuk tromol rem sistem pengikatan pada bantalan roda-roda:
-       Lepas tutup naf dengan menggunakan pengungkit, obeng besar atau betel.
-       Lepas pen kunci dengan tang.
-       Keluarkan tutup pengunci.
-       Lepas bantalan roda-roda.
-       Lepas tromol rem.
b.     Untuk tromol rem sistem pengikatan flens roda:
-       Permukaan dalamnya jika bergelombang maka harus diratakan.
-       Beri tanda pada tromol dan flens roda sebelum dilepas.
-       Lepas tuas rem.
-       Bersihkan kotoran dan karat yang melekat sehingga tromol mudah dilepas.
-       Untuk memudahkan pelepasan, gunakan baut pada lubang-lubang pelepas tromol rem (treker). Jika tidak ada lubang pelepasan tromol, pukul dengan palu pada sisi tromol supaya tromol mudah dilepas.
c.      Bersihkan kotoran yang menempel pada tromol rem.
d.     Periksa kondisi tromol rem dari kemungkinan retak atau berlubang.
2.   Kanvas
-       Lepas kanvas rem.
-       Periksa permukaan dan bantalan kanvas rem.
3.   Siliinder roda
-       Lepas karet tutup piston silinder roda.
-       Keluarkan piston dari silinder roda.
-       Bersihkan kotoran atau karat yang menempel piston dan ruang piston silinder roda.
-       Periksa karet tutup piston silinder roda.
4.   Silinder master
-       Lepas silinder master dari dudukannya.
-       Bongkar semua bagian dari silinder master.
-       Periksa piston silinder master, jika berkarat bersihkan dengan amplas.
-       Periksa pegas pembalik piston silinder master, apabila pegasnya sudah lemah harus diganti.
-       Periksa keadaan katup keluarnya.
-       Periksa dan bersihkan saluran masuk dari lubang kompensasi pada silinder master.
5.   Reservoir
-       Lepas reservator.
-       Bersihkan dengan air.
-       Periksa mungkin terdapat keretakan atau kebocoran, jika retak atau bocor harus segera diganti.
6.   Pipa minyak rem
-       Dalam keadaan terpasang seluruh permukaan pipa minyak rem dibersihkan dengan kain atau kuas.
-       Periksa pada sambungan-sambungan pipa. Pada tempat ini sering terjadi kebocoran atau terpelintir.
7.     Pedal rem
-       Periksa mekanisme penggerak pedal rem, beri pelumas pada sambungan-sambungannya.
-       Periksa pegas pengembali pedal rem, jika pegas sudah lemah ganti dengan yang baik/baru.
±  Pasang semua komponen sistem rem hidrolik seperti semula.
±  Isi minyak rem pada tabung reservator sampai penuh. Hati-hati jangan sampai menetes pada badan mobil, bisa merusak cat.
±  Keluarakan udara dari rem hidrolik, pekerjaan ini harus dilakukan oleh 2 orang:
1.     Siapkan selang dan plastik untuk menampung minyak rem.
2.     Hubungkan selang plastik  dengan baut pelepas udara dan ujung selang yang lain dimasukkan kedalam tabun
3.     Pompa pedal rem berulang-ulang kemudian tahan pada posisi pengereman (pedal diinjak)
4.     Pada posisi ini baut dikendorkan sampai minyak rem keluar melalui selang plastik.
5.     Kencangkan baut pelepas udara dan ulangi pekerjaan diatas hingga tidak ada gelembung udara yang keluar dari selang.
6.     Lakukan pada semua lubang udara pada sistem rem tersebut.
±  Pasang roda.
±  Stel kanvas rem.
±  Setel ketinggian pedal rem.
±  Turunkan mobil dari dongkrak.
±  Lakukan pengetesan fungsi rem dengan menjalankan mobil. Jika pengereman kurang berfungsi maka lakukan penyetelan lagi. 



















  •  

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
      Berdasarkan laporan hasil Prakerin seperti yang telah dikemukakan pada bagian depan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
  • ·        Praktek kerja industri (PRAKERIN) sangat berguna bagi siswa. Ilmu pengetahuan, pengalaman dan memperluas wawasan otomotif didunia kerja.
  • ·        Praktek kerja industri (PRAKERIN) dapat memupuk kesiapan mental untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
  • ·        Rem tromol hidrolik menggunakan minyak rem sebagai perantara untuk meneruskan tekanan dari pedal rem ke kanvas rem didalam tromol.
  • ·        Komponen rem tromol hidrolik terdiri atas tromol, kanvas rem, silinder roda, silinder master, reservoir, pipa minyak rem dan pedal rem.
  • ·        Cara kerja rem tromol hidrolik: Apabila pedal rem diinjak dengan tekanan tertentu maka minyak rem akan meneruskan tekanan tersebut kesilinder roda, selanjutnya piston silinder roda mengembang dan menekan kanvas rem. Tekanan kanvas rem tersebut mengenai dinding dalam roda, sehingga terjadi pengereman.

B. SARAN
Pada bagian ini penulis akan memberikan saran-saran antara lain:
a.     Hendaknya pihak sekolah meningkatkan kerja sama dengan Instansi/DU/DI terkait, sehingga siswa nantinya akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan prakerin.
b.     Bagi siswa hendaknya dalam prakerin ini benar-benar mematuhi apa saja yang telah menjadi peraturan mulai dari akan melaksanakan, dalam pelaksaan maupun setelah pelaksanaan, sebab bagaimanapun bila ada hal yang tidak sepatutnya terjadi akan berdampak untuk masa-masa mendatang.







LAMPIRAN-LAMPIRAN

            Dari laporan kegiatan tersebut, saya akan memberikan ringkasan tentang kegiatan-kegiatan prakerin selama 3 bulan:


Tanggal
Uraian singkat mengenai pengalaman/pekerjaan yang dilakukan
27 Juli 2010
Melihat sasis mobil
28 Juli 2010
Mencopot cress joint
31 Juli 2010
Membersihkan karburator
04 Agustus 2010
Melepas gardan
08 Agustus 2010
Melepas radiator

4 Agustus 2010
Membersihkan kanvas rem
15 Agustus 2010
Membersihkan filter oli
01 September 2010
Melepas silinder master
06 September 2010
Melepas radiator
22 September 2010
Memasang knalpot

02 Oktober 2010
Membersihkan busi
17 Oktober 2010
Melepas silinder master
21 Oktober 2010
Menyekur klep