Home » » MASKOT SEA GAMES: Modo-Modi Lambang Ketangguhan Indonesia

MASKOT SEA GAMES: Modo-Modi Lambang Ketangguhan Indonesia

Written By ahmad muazim abidin on Rabu, 27 April 2011 | 05.47

Peluncuran komodo sebagai maskot SEA Games 2011 yang berlangsung di dua tempat, Taman Mini Indonesia Indah dan Bundaran Hotel Indonesia, menunjukkan Indonesia pantas punya sesuatu yang dibanggakan di pentas dunia. 

"Komodo kita pilih karena sangat Indonesia. Dia tidak mewakili Sumatera atau Jawa, dan dia juga masuk dalam tujuh keajaiban baru dunia. Jadi, wajar dan pantas bila binatang ini yang kita pilih menjadi maskot." kata Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng usai acara peluncuran maskot ini di Taman Mini Indonesia Indah, kemarin.

"Karena posisi unik yang dimilikinya, kami dari Kantor Menpora, presiden, Ketua KONI-KOI, dan Ketua Inasoc sangat setuju dengan pengunaan binatang ini sebagai maskot."

Komodo yang dianggap menjadi salah satu kadal raksana purba hanya ditemukan di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur, dan masuk daftar binatang yang dilindungi.

Dipilihnya komodo, yang merupakan turunan kadal raksasa purba, menyimbolkan ketangguhan Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Ketangguhan makhluk ini mewakili sejumlah binatang khas Indonesia lainnya, seperti burung cendrawasih, burung kasuari, orang utan, harimau sumatera, dan badak yang sebelumnya sempat menjadi nominator maskot event ini.

Acara yang digelar bertepatan dengan 200 hari menjelang pelaksanaan pesta olahraga antarbangsa Asia Tenggara dan berlangsung di pusat Ibu Kota tersebut bisa disebut sebagai yang pertama kali terjadi di Indonesia untuk event olahraga.

"Tujuan kami menggelar acara di pusat Ibu Kota adalah untuk show off, khususnya bagi warga negara asing yang tinggal di Jakarta dan Indonesia, bahwa kita itu siap dan tidak ada kendala apa-apa, kendati ada teror bom di mana-mana," kata Wakil Sekjen Inasoc Ginung.

Pihaknya memilih Bundaran HI karena di seputaran tempat itu ada sejumlah hotel bintang lima yang menjadi tempat menginap orang-orang asing level menengah ke atas bila berada di Indonesia. "Tujuan utamanya lebih untuk menunjukkan kepada orang asing tersebut bahwa kita ini siap dan tidak ada masalah dengan yang terjadi di dalam negeri. Kita harus meyakinkan mereka dengan cara ini," katanya.

Sebelumnya, tuan rumah Indonesia juga telah secara resmi menempatkan garuda sebagai logo resmi pada acara peluncuran 300 hari menjelang SEA Games, 15 Januari lalu. Garuda melambangkan ketangguhan, dan pada kepakan sayap melambangkan keagungan.

Secara konsep, garuda berfungsi sebagai figur pembimbing dan pelindung bumi pertiwi yang kaya akan hasil bumi. Semangat ini akan menjadi inspirasi bagi para atlet untuk bangga dengan negara mereka dan bertanding dengan sportivitas tinggi. 

Sebelas garis lengkung yang terdapat di atas dan di bawah kepala garuda melambangkan negara-negara peserta yang berjumlah 11.


diolah dari http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=277573
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger