Sistem Starter

2.1 Gambaran Sistem Starter
            Mesin kendaraan tidak dapat hidup dengan sendirinya tanpa adanya tenaga penggerak dari luar sebagai penggerak awal terjadinya proses pada motor bakar. Sistem starter pada motor bakar dipasangkan berfungsi sebagai penggerak awal sehingga motor dapat melakukan proses didalam mesin dan dapat menghasilkan tenaga. Setelah mesin menghasilkan tenaga, maka sistem starter tidak lagi berfungsi karena putaran mesin sudah menghasilkan tenaga yang besar.

2.2 Konstruksi Motor Starter
            Motor starter yang digunakan pada kendaraan sangat beragam jenisnya yaitu jenis konvensional atau reduksi. 

2.3 Prinsip Dasar Motor Starter
            Pada kumparan yang dialiri arus listrik, maka pada inti kumparan itu akan timbul medan magnet. Motor starter terdiri dari kumparan jangkar (armature coil) yang pada ujungnya terdapat komutator, kumparan medan (field coil) yang terdapat pada inti besi yang mampu berubah menjadi magnet karena pengaruh aliran listrik yang diberikan. 
       Field coil dan Armature coil dirangkai secara seri dan diihubungkan dengan arus baterai melalui komutator, maka pada armature coil akan terbangkit magnet dan pada field coil juga akan terbangkit magnet. Magnet dari kedua inti kumparan tersebut (field coil dan armature coil) sama maka akan saling menolak hal ini dapat menghasilkan putaran pada armature coil. Armature coil tersusun dari beberapa kumparan maka kopel yang dihasilkan akan menjadi besar. Dengan demikian kemampuan putar dan tingginya putaran motor starter ditentukan oleh beberapa faktor meliputi:
1.      Besarnya gaya magnet pada field coil
2.      Besar arus yang mengalir pada kumparan
3.      Banyaknya kumparan pada armature coil
Untuk menghasilkan putaran yang tinggi sekarang banyak dikembangkan motor starter dengan menggunakan 4 buah sikat yang dihubungkan ke armature coil dan sumber arus yaitu 2 sikat positif dan 2 sikat negatif.
2.4 Komponen Motor Starter
            Motor starter terdiri dari beberapa komponen meliputi:
a)      Yoke Core
b)      Pole Core dan Field Coil
c)      Armature Coil
d)      Gigi Pinion dan Overrunning Clutch
e)      Drive Lever
f)       Magnetic Switch