Home » » Istilah-istilah Gaul Otomotif (2)

Istilah-istilah Gaul Otomotif (2)

Written By ahmad muazim abidin on Senin, 16 Mei 2011 | 15.36


Honda Civic Wonder yang dijuluki wonder setrikaan

11. Mercy Kebo dan Tiger
Entah bagaimana asal mulanya hingga mobil Mercedes-Benz (Mercy) 280S berbodi bongsor buatan tahun 1970-an yang berasal dari Jerman itu dijuluki Mercy Kebo. Sementara, Mercedes-Benz W123 yang beredar di Indonesia dijuluki Tiger. Konon, itu karena paduan lampu depan dan grill-nya mirip macan yang sedang mengincar mangsa.

12. Pantat Eropa
Isitlah ini muncul di tahun 2001 untuk menggambarkan desain belakang mobil yang mengacu gaya Eropa. Sekelompok penggemar otomotif mendesain mobil mereka dengan sepasang lampu belakang tambahan dengan mika merah dan bening. Lampu merah difungsikan sebagai lampu kabut.

13. Pelek Revolusi
Disebut pelek revolusi, karena gaya ini mendobrak pakem pelek kaleng yang tren di era 80-an berjenis racing. Pelek 80-an itu misalnya Rally Compe, Potenza Rally, Bridgestone Rally, Advan Rally, Compe 8, juga Enkei Rally. Sempat menjadi tren di Indonesia di tahun 2001, penyuka tren ini ingin mobilnya tampil lebih modis.

14. Suzuki Truntung
Ini dia nama lain dari Suzuki ST-20. Konon, mobil yang digemari masyarakat sejak 1970-an itu memiliki bunyi knalpot "truntung..tung..tung..tung". Ditengarai karena Suzuki ST-20 memiliki kapasitas mesin kecil (550 cc) 2-tak 3-silinder.

15. Sokbreker Tanduk
Terinspirasi dari pembalap drag bike yang menunduk saat balapan, lantas mengilhami pemilik motor memendekkan posisi setang motornya, sehingga sokbreker menyembul ke atas seperti tanduk.

16. Toyota Hardtop Badak
Inilah nama lain dari Toyota FJ40, karakternya sangat kuat bahkan bisa dikendarai di jalanan apa saja. Namun, jangan harap ia bisa melaju dengan kecepatan tinggi dan susah diajak bermanuver layaknya badak.

17. Taft Kebo dan lemari
Jika ada Mercy Kebo maka adapula Taft Kebo, julukan bagi Daihatsu Taft F50 yang memiliki logo bergambar kepala kerbau. Mobil ini diproduksi Indonesia terakhir pada tahun 1985. Sementara istilah taft lemari karena pintu belakangnya mirip bentuk lemari yang bisa dibuka ke kiri dan ke kanan.

18. Wonder setrikaan
Kenapa disebut mirip setrikaan, itu karena tampang Honda Civic Wonder dua pintu keluaran 80-an itu mirip setrikaan. Mirip dengan setrikaan besi jaman dulu jika diberi gagang pegangan di atapnya.

18. Warna disket
Jelang akhir tahun 1996, tren mengecat mobil dengan warna-warna pastel merebak di kalangan anak-anak Jakarta pencinta otomotif. Mobil dicat dengan warna-warna menyerupai kelir disket seperti pink, ungu, krem, biru muda, atau hijau muda. Ini agar mobil terlihat beda saat kumpul dengan sesama mobil sejenis.



Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger