Home » » Istilah-istilah Gaul Otomotif

Istilah-istilah Gaul Otomotif

Written By ahmad muazim abidin on Jumat, 13 Mei 2011 | 13.00


Duck Tail Style

ISTILAH gaul merambah pula dunia otomotif, dan bahkan telah menjadi ungkapan resmi di kalangan pelaku otomotif. Istilah-istilah itu terambil dari perumpamaan nama hewan atau benda-benda yang berada di sekitar kita, pun menggambarkan kondisi yang selama ini belum pernah ada padanan katanya.
Berikut istilah-istilah gaul otomotif :
1. Alto
ALTO (All Terrain Off-road) ground clearance adalah istilah yang digunakan untuk mobil dengan ban dan pelek berukuran besar (off road) dan juga berukuran lebih tinggi dari standarnya. Biasanya diaplikasikan pada mobil keluarga 7-seater atau penggerak 4x2 yang dimodif bergaya off-road dengan aksesori yang beragam. Dipopulerkan pertama kali oleh Nuris Sarni, seorang pecinta otomotif di pertengahan tahun 2000-an.

2. American Style
Istilah ini diperuntukkan untuk bemper depan dan belakang mobil-mobil Eropa tahun 1999. Bibir depan mobil dibuat menonjol, sementara lampu besar dan lampu kabut didesain terpisah. Side lamp dan kaca spionnya juga bukan model tanduk. Kini, banyak ditiru juga pada mobil Mercy dan sedan buatan Jepang.

3. Ceper dan Celup
Mobil ceper atau celup booming di sekitar tahun 1996. Mobil dibuat pendek bergaya balap turing seperti di luar negeri, misal BTCC. Pemilik mobil rela memotong ulir per dan memasang pelek racing lebih besar berukuran 17 inci, bahkan bannya dibuat masuk ke rongga sepatbor.

4. Chop Top
Sempat menjadi tren di Amerika awal 1960-an dan mewabah hingga Tanah Air pada tahun 1997. Biasanya mobil seperti ini diperuntukkan untuk drag race atau show car, dimana atap mobil dimodifikasi lebih rendah. Tak hanya mobil lawas, mobil baru pun tak luput dari modifikasi ini. Chop Top menguntungkan untuk drag race, karena bisa memperbaiki aerodinamika kendaraan.

5. Datsun Curut
Istilah ini digunakan bagi mobil Datsun 120Y pikap yang dimensi bodinya memang lebih kecil. Sementara sedan mendapatkan julukan Datsun kotak.

6. Ekor Itik (duck tail)
Awalnya terinspirasi dari bodi bagasi Mitsubishi Galant. Desain pantat mobil didesain sedikit menonjol ke atas (mirip spoiler), dan kini ditiru untuk diaplikasikan pada mobil lain.

7. Indie Off-Road
Inilah sebutan untuk kegiatan off-road yang dilakukan beberapa komunitas pencinta otomotif. Kegiatan ini tanpa melibatkan sponsor, dan dana sepenuhnya ditanggung anggota komunitas. Di tahun 2006, majalah OTOMOTIF mewadahi kegiatan ini dengan menambahkan nuansa entertainmen di dalamnya, misal dibuka kelas baru slalom off-road.

8. Kijang Buaya dan Kijang Doyok
Inilah sebutan bagi Toyota Kijang keluaran pertama yang memiliki potongan kap mesin tebal. Terlihat seperti buaya, karena jika dibuka dan dilihat dari samping tampak seperti buaya menganga. Sementara Kijang lama di awal tahun 1980-an dianggap lebih mirip wajah Doyok, tokoh kartun di sebuah harian ibu kota.

9. Kijang Kapsul
Disebut kapsul karena toyota kijang pengganti kijang super yang beredar pada tahun 1996-2003 itu memiliki sudut bodi yang membulat seperti kapsul.

10. Lari Anjing
Jika Anda ingin membeli mobil bekas, sebaiknya teliti dulu dari depan ke belakang, apakah sama saat berdiri. Jika ternyata mobil miring dan saat melaju di jalan lurus mobil tampak miring ke kiri dan kanan seperti anjing, maka disebutlah dengan istilah lari anjing. Itu karena sasisnya bengkok.



Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger