Samsung Galaxy Tab 10.1 di Indonesia

telsetnews.com

Sebagai penerus Galaxy Tab 7 inch, Samsung menghadirkan Galaxy Tab 10,1 ke Tanah Air. Sesuai namanya, tablet ini memiliki layar 10,1 inch. Salah satu kelebihan yang diklaim lebih mentereng ketimbang para pesaing adalah bodinya diklaim tertipis di dunia.

Memang dengan ketebalan cuma 8,6 mm, cukup sahih kalau Galaxy Tab 10.1 diklaim sebagai yang paling tipis. Pesaing dekatnya Apple iPad 2 sedikit lebih tebal dengan ukuran 8,8 mm.

"Kami yakin ini adalah tablet terbaik yang ada di pasar saat ini. Dengannya, kami ingin melanjutkan kepemimpinan Samsung di pasar Indonesia," kata Yoo Young Kim, Managing Director Samsung Electronics Indonesia di Jakarta, Jumat (13/5/2011).

Berbagai fitur andalan coba dibenamkan Samsung pada tablet anyarnya itu. Misalnya prosesor dual core, kamera depan belakang dengan resolusi masing-masing 3 megapixel dan 2 megapixel. Sedangkan koneksi jaringan sudah mendukung sampai ke HSPA+.

Kemudian, sistem operasi yang diusung sudah Android Honeycomb, OS yang khusus dibuat Google untuk tablet. Samsung juga menambahkan kustomisasi interface TouchWiz yang selama ini jadi andalan vendor asal Korea Selatan itu di segmen smartphone.

Samsung akan mulai memasarkan Galaxy Tab 10,1 inch awal Juni mendatang bekerja sama dengan Telkomsel untuk layanan paket data. Mereka belum mau membocorkan kisaran harga, namun kemungkinan tidak berbeda jauh dengan harga awal Samsung Galaxy Tab model 7 inch.

Tak pelak, kehadiran Galaxy Tab 10.1 inch bakal meramaikan pasar tablet di Indonesia di mana beberapa vendor lain juga sudah memperkenalkan tablet Android Honeycomb seperti Acer dan Asus. Samsung pun optimistis Galaxy Tab 10.1 inch dapat diterima konsumen.

"Kami optimistis mengingat Galaxy Tab versi pertama saja memegang pangsa pasar 71% pada kuartal pertama lalu di Indonesia," klaim Eka Anwar, Head of marketing HHP Business, Samsung Electronics Indonesia