Sistem Kemudi Manual (1)

  • FUNGSI SISTEM KEMUDI
Sistem kemudi berfungsi mengendalikan arah gerak kendaraan sesuai keinginan pengemudi. Pengendalian arah gerak ini dilakukan oleh pengemudi dengan jalan memutar atau merubah roda kemudi sesuai dengan arah yang dikehendakinya.
Pada dasarnya perancangan sistem kemudi dilakukan untuk memungkinkan pengemudi dapat mengendalikan arah kendaraan dengan tepat dan tenaga seminimal mungkin.
Pada kendaraan bermotor roda 4 ada dua macam sistem kemudi menurut cara kerjanya, yaitu sistem kemudi manual dan sistem kemudi daya.
  • SISTEM KEMUDI MANUAL
Pada sistem kemudi manual untuk menggerakkan roda kemudi menggunakan tenaga kemudi saja. Karena itu untuk menggerakkan sistem kemudi manual diperlukan tenaga yang besar, apabila pada saat kendaraan di parkir. Meskipun begitu, tenaga untuk memutarkan roda kemudi dibantu dengan gaya elastisitas ban dan komponen-komponen penyesuaian sistem roda depan.
  • BAGIAN-BAGIAN UTAMA SISTEM KEMUDI 
Hampir semua jenis sistem kemudi mempunyai tiga bagian pendukung utama sebagai penyusun mekanisme kerja kemudi, diantaranya:
  1. Steering Column
  2. Steering Gear
  3. Steering Lingkage
1. Steering Column
Komponen ini berfungsi meneruskan arah putaran dari kemudi ke steering gear. Selain itu steering column berfungsi untuk menghasilkan momen yang besar, sehingga kemudi menjadi cukup ringan dengan adanya gigi reduksi.