Contoh Laporan Rencana Usaha


RENCANA USAHA
BIDANG USAHA TOKO KOMPUTER
“ A9 CUSTOM PROJECT “
Alamat : Jl. Raya Kedung Jambe Telp. 085223076082
( Pertigaan Desa Kedung Jambe )







KELAS XII TKR 1

Oleh :

1.      AhmadMu’azim Abidin
2.      Ahmad Rofi’i
3.      Bagas Taufani Putra
4.      Fery Setyawan

PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN
DINAS PENDIDIKAN DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 SINGGAHAN
Jl. Panglima Sudirman No. 100 Tuban 62361 Telp. (0356)6320049
Webblog : smkn1-singgahan.co.cc E-mail : smkn1singgahan@yahoo.com





-------------------------------------------------------------------------------------------------------- 


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...........................................................................................................         i
DAFTAR ISI.......................................................................................................................        ii
BAB I   GAMBARAN UMUM USAHA.............................................................................        1
A.      Riwayat Usaha...................................................................................................        1
B.      Visi Usaha..........................................................................................................        1
C.      Misi Usaha.........................................................................................................        1
D.     Jenis Produk Yang Dipasarkan............................................................................        1
BAB II  ASPEK PEMASARAN..........................................................................................        2
A.      Target  Pasar......................................................................................................        2
B.      Konsep Pemasaran.............................................................................................        2
C.      Produk Dan Penetapan Harga.............................................................................        2
D.     Distribusi Dan Promosi........................................................................................        3
BAB III ASPEK PRODUKSI..............................................................................................        4
A.      Lokasi Usaha......................................................................................................       4
B.      Tenaga Kerja.....................................................................................................         4
BAB IV ASPEK KEUANGAN...........................................................................................         5
A.      Proyeksi Keuangan............................................................................................         5
BAB V  KESIMPULAN......................................................................................................         7


-------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
  

BAB I
GAMBARAN UMUM USAHA
A.                 Riwayat Usaha
Dewasa ini semakin banyak orang, baik itu pekerja kantoran maupun pelajar yang dalam kegiatan sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari komputer. Dalam kondisi saat ini, dimana begitu cepatnya transformasi informasi dan juga makin terjangkaunya sarana komunikasi didukung memasyarakatnya penggunaan internet mendorong individu untuk mempunyai sarana komunikasi tersebut. Dari sedikit penjabaran diatas inisiatif kami muncul untuk membuat toko komputer “ A9 CUSTOM PROJECT “.
Untuk memulai sebuah usaha, hal pertama yang pasti dan tidak bisa dilepaskan adalah pengetahuan kita akan peluang pasar dan cara untuk mendapat pesanan (order). Bagaimana peluang pasar yang ada kita serap agar usaha kita dapat mendapat orde dan kepercayaan oleh masyarakat luas, disusul kemampuan kita untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kita mampu bersaing secara sehat dengan mereka melalui harga, pelayanan dan kualitas. Dan, tidak kalah pentingnya untuk mempersiapkan mental, gagal mencoba tidak lebih baik daripada berani mencoba tetapi masih gagal, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda.

B.                 Visi Usaha
Visi kami dalam usaha toko komputer “ A9 CUSTOM PROJECT “ ini adalah : “ Menjadikan masyarakat berkehidupan digital untuk kemajuan bangsa dan negara, juga untuk memajukan kehidupan usaha ini secara sehat ”.

C.                 Misi Usaha
Misi “ A9 CUSTOM PROJECT “ untuk mencapai visi diatas adalah :
1.      Selalu menyediakan produk terbaik untuk pelanggan.
2.      Pelayanan penuh keramahan dan kesopanan.
3.      Selalu Up To Date dalam penyediaan produk.

D.                 Jenis Produk Yang Dipasarkan
Kami menyediakan berbagai komponen komputer, mulai dari hardware, software maupun komponen pendukung lain beserta kemudahan pemasangan ditempat. Produk yang kami tawarkan antara lain : Motherboard, Laptop, Processor, Harddisk, Mouse, Monitor, UPS, Proyektor OHP dan bermacam kebutuhan elektronika terutama berkaitan dengan komputer baik itu skala eceran maupun dalam partai besar.
Satu hal yang membedakan kami dengan yang lainnya, kami menyediakan fasilitas hotspot gratis bagi pelanggan yang berkunjung.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------- 


BAB II
ASPEK PEMASARAN
A.                 Target Pasar
Strategi  pemasaran merupakan kunci terpenting yang harus diperhatikan dalam perintisan sebuah usaha. Didalam strategi pemasaran yang akan kami lakukan adalah secara langsung memberi doorprize kepada para pelanggan baru dan para pelanggan yang akan secara kontinyu menjadi pelanggan tetap dan hadiah undian dimana pengundian hadiah tersebut akan dilakukan dalam kurun 3 bulan sekali.
Di lain kesempatan, seperti acara PHBN maupun PHBI kami akan membuat sebuah ajang perlombaan di bidang komputer bagi kelompok umur bebas yang juga sekaligus sebagai tempat kami berpromosi dan mencerdaskan masyarakat sesuai visi kami.
Kerjasama dengan berbagai instansi, terutama instansi pendidikan dan perkantoran juga akan kami jadikan sebagai media untuk dapat menggaet order. Hal ini dikarenakan para instansi tersebut memberikan peluang yang besar untuk dapat menjadi pelanggan kami dalam partai besar.

B.                 Konsep Pemasaran
Dimulai dari konsep awal pemasaran yakni 4P ( Product, Price, Promotion, Place ), kami menyediakan produk yang berkualitas sesuai kebutuhan konsumen dengan harga yang relatif lebih terjangkau untuk berbagai kalangan. Disamping dua hal tadi faktor promosi dan distribusi tidak bisa kami hindarkan, oleh karenanya dalam usaha ini kami memilih lokasi tempat usaha yang sangat strategis, tepat berada antara beberapa instansi pendidikan dan berada dipinggir jalan lintas kabupaten yang memiliki lalu lintas padat.

C.                 Produk Dan Penetapan Harga
Dalam penetapan harga, kita melakukan suatu riset dan membandingkan hasil dari riset tersebut dengan strategi harga produk kami. Terkadang kita menjual suatu produk dengan kisaran lebih tinggi dibanding pesaing kita, hal ini bisa dikarenakan kita salah dalam memilih supplier untuk produk yang kita jual ke konsumen. Dalam hal ini, kita berusaha memberikan harga yang lebih terjangkau kepada konsumen tanpa harus mengorbankan kualitas barang. Untuk penetapan harga, kami menetapkan harga sesuai dengan harga yang ditetapkan / disarankan oleh perusahaan manufacture barang bersangkutan.
Penetapan harga yang kami lakukan juga akan dipengaruhi oleh nilai mata uang dolar, oleh karena produk yang kami tawarkan kebanyakan adalah produk global yang kebanyakan menggunakan nilai mata uang dolar dalam pembeliannya. Namun, untuk kenyamanan dan kemudahan konsumen, kami melayani pembelian barang menggunakan murni kurs rupiah yang tentunya sudah kami sesuaikan antara kurs dolar dalam pembelian dengan kurs rupiah dalam penetapan harga produk.
CONTOH DAFTAR HARGA KOMPONEN KOMPUTER

NO
NAMA KOMPONEN
NAMA BARANG
HARGA / UNIT (Rp)
1.
Monitor LCD
HP W185q
1.960.000


BENQ G610HDPL
980.000


PHILIPS 191EL15B
1.289.000


SAMSUNG SyncMaster 245BW
5.192.000
2.
Processor
Intel Pentium Dual Core 5400
580.000


Intel Core 2 Duo 7500
1.089.000


Intel Core i3 540
1.054.000


Intel Xeon E5620
3.766.125


AMD Athlon II X2 250
580.800
3.
Notebook
AXIOO Pico PJM812 - Black
2.585.000


HP 110-3014TU Mini - Black
2.674.000


DELL Vostro 1088
6.658.000


ASUS A42F
5.521.000
4.
VGA Card
ATI CLUB3D Radeon HD 5770
1.459.000


ASUS EAH6870/2D125/1GD5
3.129.000


ATI CLUB3D Radeon HD 6850
2.061.000

D.                 Distribusi Dan Promosi
Usaha pertokoan adalah usaha mengenai kepercayaan terhadap kualitas barang dan kepuasan konsumen akan pelayanan, baik itu dari segi pelayanan toko maupun fasilitas yang disediakan saat bertransaksi. Langkah awal untuk membuka pasar bagi toko kita adalah menawarkan barang dengan pembuatan iklan yang semenarik mungkin. Namun, satu hal yang tidak bisa diingkari adalah bahwa keprofesionalitas kita dalam berdagang adalah lebih penting, karena dengan kita bekerja secara profesional maka otomatis berita akan toko kita akan tersebar dari mulut ke mulut.
Setelah itu, kontinuitas dari pemesanan juga harus diperhatikan agar toko kita mendapat sumber untuk dapat berkembang menjadi lebih besar dan menjadi terkenal, terkenal disini dalam artian para konsumen adalah orang yang merasa membutuhkan kehadiran kita. Dan, kondisi dimana konsumen yang membutuhkan pedagang seperti ini tidaklah terjadi secara instan, melainkan lewat perjuangan yang panjang dan konsep pemasaran yang ditujukan untuk membawa toko kita menjadi lebih bermanfaat.

  

-------------------------------------------------------------------------------------------------------- 


BAB III
ASPEK PRODUKSI
A.                 Lokasi Usaha
Lokasi yang dipilih untuk menjalankan usaha jual-beli komponen komputer ini dipusatkan tepat di samping pertigaan Ds. Kedung Jambe, dengan kondisi yang strategis diantara beberapa instansi pendidikan baik swasta maupun negeri. Lokasi yang dipakai merupakan lokasi yang dekat dengan dua ibukota kabupaten, yaitu Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro. Strategisnya lokasi usaha ini dan jarak yang dekat dengan ibukota kabupaten memberikan kemudahan untuk mencari sumber produk dan tentunya akan dapat menghemat biaya yang kita keluarkan untuk transport saat membeli produk untuk dijual kembali (kulakan). Lokasi ini juga sangat mudah untuk dijangkau karena merupakan perhentian bus jurusan Bojonegoro-Jatirogo secara langsung. Kemudahan jangkauan ini  akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen untuk menemukan lokasi usaha kita dan juga dari segi pengiklanan akan lebih menghemat biaya untuk iklan produk kita.

B.                  Tenaga Kerja
Usaha ini dirintis, dimiliki dan dikelola bersama dengan sistem bagi modal yang setiap anggota memiliki tugas masing-masing.

NO
NAMA
TUGAS
1.
·       Melayani pembeli di toko dan menyesuaikan harga produk
·       Mencari supplier
2.
Ahmad Rofi’i
3.
Bagas Taufani Putra
·       Mencari mitra dan pangsa pasar
·       Mengantar order konsumen
4.
Fery Setyawan


 --------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A.                 Proyeksi Keuangan
Pada aspek ini, usaha kami memperoleh modal dari 4 anggota dan masing-masing anggota mengeluarkan modal Rp 7.000.000,00. Maka, modal awal kami sebesar Rp   28.000.000,00. Berikut ini proyeksi keuangan kami:
Proyeksi Keuangan 1 Bulan
1.      Kas Rp 28.000.000,00
Modal Rp 28.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2.      Produk Rp 20.000.000,00
Kas Rp 20.000.000,00
(Pembelian Produk untuk dijual kembali)
3.      Perlengkapan
Kas Rp. 3.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)

Proyeksi Penjualan dalam 1 Bulan
Minimal mendapat 2 kali order
·         1 x Partai Besar ( Minimal 10 Komponen @ Rp 1.000.000,00 )
1 x ( 10 Komponen x @ Rp 1.000.000,00 ) = Rp 10.000.000,00
·         25 x Partai Kecil (Minimal 1 Komponen @ Rp 500.000,00 )
25 x (1 Komponen x @ Rp 500.000,00 ) = Rp 12.500.000,00
Perkiraan Pendapatan Minimal 1 Bulan Rp 10.000.000,00 + Rp 12.500.000,00 = Rp 22.500.000,00.

Biaya Transaksi Dalam 1 Bulan
1.    Biaya Angkut (21 @ Rp 40.000,00) = Rp 810.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
2.    Biaya Pembelian Produk (6 X Rp 2.000.000,00. 20 X Rp 400.000,00)
Kas Rp 20.000.000,00
  
Laporan Laba / Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan
·    Partai Besar 1 x ( 10 x @ Rp 1.000.000,00 )     = Rp 10.000.000,00
·    Partai Kecil 25 x (1 x @ Rp 500.000,00 )       = Rp 12.500.000,00 +
           
        = Rp 22.500.000,00
Biaya – Biaya
·    Biaya Angkut                                                   = Rp 810.000,00
·    Biaya Pembelian Produk                                  = Rp 20.000.000,00 +
                                                                          
                                                                                                          = Rp 20.810.000,00 -


Laba                                                                                                            = Rp 1.690.000,00


--------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB V
KESIMPULAN
Kiat-kiat Pengelolaan Usaha Komputer
Apa hal yang menjadi pilar suksesnya bisnis komputer ini?

1.                  Rencana Matang
Sebuah rencana sangat diperlukan agar usaha yang kita lakukan mempunyai perkembangan yang sesuai harapan. Kita perlu berpikir luas tentang perencanaan usaha ditilik dari segi pemilik modal maupun dari segi investor. Kematangan rencana usaha suatu calon bisnis pertokoan akan mempermudah dalam jalannya bisnis kita. Kita harus memeriksa tiap masalah yang kemungkinan akan menhadang jalannya usaha, misalnya saja setiap interval waktu tertentu kita memeriksa ketersediaan barang yang kita jual, jangan sampai saat ada pembeli / calon pembeli mencari suatu barang namun barang itu tidak tersedia. Dan, kita juga harus membuat minimal catatan kecil tentang barang yang habis agar suatu saat ketika akan membeli dari supplier tidak kesulitan memilih barang untuk dibeli.                                                                                  
2.                  Punya Visi
Kebanyakan pengusaha sukses memulai usahanya dari kecintaan atau hobi akan usaha tersebut, mereka bertanggung jawab pada diri mereka sendiri untuk membesarkan usahanya. Layaknya seorang bayi, kitalah yang bertanggung jawab untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa, jika muncul masalah kita tidak bisa begitu saja meninggalkannya. Dibutuhkan cinta, kasih sayang sebelum bayi tersebut dewasa dan akhirnya kita yang akan menuai hasil dari jerih payah kita. Visi usaha akan membuat kita lebih kuat dalam menghadapi masalah-masalah dalam bisni. Visi adalah gambaran masa depan usaha.
3.                  Selalu Up To date
Usah apapun, terutama tentang toko komputer tidak bisa tidak untuk mengikuti tren yang ada dimasyarakat. Jika kita tidak bisa mengimbangi perkembangan zaman, maka kegagalan menanti kita. Contohnya saja : dahulu komputer merupakan perangkat yang komplek dan tidak portabel, karenanya kita menyediakan seperangkat komputer beserta meja komputer. Namun, sekarang kondisinya jauh berbeda, dimana laptop yang merupakan komputer versi jinjing bisa ditenteng kemana-mana. Dalam menyikapi hal ini kita perlu mencari peluang dan tren laptop tersebut, darinya kita bisa mendapat untung dari menjual berbagai pernak-pernik laptop seperti tas, modem usb, kacamata 3D dan sebagainya.
Dengan ketiga aspek tadi, serta penjelasan dari berbagai aspek pendirian toko komputer yang telah dijabarkan diatas, perencanaan pendirian toko komputer ini sangatlah menjanjikan. Dan tentu layaklah jika usaha ini didirikan dan direalisasikan.