Home » , » Internux dan Layanan 4G LTE di Indonesia

Internux dan Layanan 4G LTE di Indonesia

Written By ahmad muazim abidin on Jumat, 15 November 2013 | 06.28

Teknologi 4G LTE di Indonesia
Teknologi 4G LTE di Indonesia
Internux dan Layanan 4G LTE di Indonesia - Layananan teknologi 4G LTE, selama ini menjadi incaran para penggila dunia maya. Tak terkecuali pengguna internet di Indonesia yang menginginkan pengalaman berselancar diinternet dengan sangat cepat.  Layanan teknologi 4G LTE menurut sumber Wikipedia mempunyai kecepatan download sampai 300mbps dan upload 75mbps. Bayangkan saja secepat apa angka-angka itu jika benar bisa digunakan untuk menjelajah dunia maya.

Sekedar untuk pengetahuan kita bersama, layanan LTE pertama kali dibuka perusahaan TeliaSonera di Stockholm dan Oslo tanggal 14 desember 2009. Disebut juga dengan 3GPP Long Term Evolution, atau lebih dikenal dengan sebutan LTE dan dipasarkan dengan nama 4G LTE.

4G LTE merupakan standar untuk akses data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler ataupun perangkat mobile lainnya. Layanan 4G LTE dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah dengan layanan 2G atau 3G karena antarmuka jaringan yang tidak sesuai.

Pengguna internet yang melek informasi, mungkin selalu bertanya-tanya. Kapan LTE akan hadir di Indonesia? Kapan... kapan?

Dan jawaban untuk kegalauan itu adalah teknologi 4G LTE sekarang sudah tersedia di Indonesia. Namun karena merupakan teknologi 'baru', layanan 4G LTE baru tersedia untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi). 

Layanan 4G LTE di Indonesia, disediakan oleh Internux, pemilik lisensi broadband wireless access (BWA) pada spektrum 2,3 GHz. Layanan 4G LTE dari Internux ini diklaim berkecepatan 10 kali lipat dibandingkan koneksi data 3G saat ini. Dalam kondisi normal, kecepatannya diklaim bisa mencapai 25-30 Mbps. Masih jauh memang dari kecepatan download 300mbps dan upload 75mbps.

Nah, bagi pengguna internet yang tertarik menggunakan 4G LTE, biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu mahal kok (menurut saya). Pengguna yang ingin menggunakan 4G LTE ini hanya diharuskan membeli modem mobile Wifi (Mifi) seharga Rp 275 ribu dan pulsa seharga Rp 25 ribu. Dengan harga segitu, pengguna akan mendapatkan kuota data 8 GB. Murah dan menggiurkan bukan?

*sumber: wikipedia, detik.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger