Home » , , » Soal dan Jawaban Statistika Dasar

Soal dan Jawaban Statistika Dasar

Written By ahmad muazim abidin on Jumat, 19 Oktober 2012 | 05.50

Soal dan jawaban Statistika dasar Oleh Ahmad Mu'azim Abidin, 14121200xxx. Teknik Informatika Unirow.
gambar oleh wikipedia

Statistika Dasar

1. Populasi : Data keseluruhan yang menjadi bahan untuk diteliti. Tetapi tidak semuanya benar-benar diteliti. Contohnya : Jumlah mahasiswa Teknik Informasika 12A semuanya 50 anak.
2. Sampel : Bagian dari populasi yang benar-benar diteliti secara langsung. Contoh : Dari 50 anak pada contoh nomor 1, diambil sampel 10 anak yang masing-masing 5 cewek dan 5 cowok.
3. Sampling : Adalah proses dan cara mengambil sampel/contoh untuk meneliti atau menduga keadaan populasi. Contoh : Dari sampel nomor 2, dilakukan pendataan siapa/berapa banyak mahasiswa yang memilih kos dan berapa banyak sampel yang memilih pulang pergi.
4. Hipotesis : Jawaban sementara dari pengambilan data yang sudah dilakukan pada sampel. Contoh : Didapat jawaban mayoritas dari sampel nomor 3, mayoritas mahasiswa pulang pergi dalam berkuliah. Hipotesisnya banyak mahasiswa Teknik Informatika 12A yang pulang pergi daripada kos.
5. Galat I dan Galat II : Galat I adalah penolakan hipotesis nol padahal hipotesis itu benar, sedangkan galat II adalah penerimaan hipotesis nol padahal hippotesis nol itu salah. Contoh : Dalam kasus kriminal, orang yang tidak salah malah dipenjara (galat I). Sebaliknya, orang yang salah malah dilepaskan (galat II).
6. Standar Deviasi : Adalah standar yang berfungsi memperlihatkan pada sebaran data, gap dan variansi sebaran dalam data. Contoh : Dalam periode sebelumnya, penggunaan BBM seseorang 20 liter, namun periode sekarang hanya 19 liter, 1 liter merupakan gap (standar deviasi).
7. Variansi : Ukuran bagi persebaran (dispersi data). Yang di ukur adalah seberapa jauh data tersebut disekitar rerata. Contoh : Perbedaaan rata-rata 2 orang siswa yang aktif di kegiatan ekstrakulikuler dengan siswa yang tidak mengikutinya.
8. 1-2 Tailed : Cara mengukur kekuatan 2 variabel atau lebih dengan cara mengukur tingkat kekuatan hubungan antara 2 variabel. Contoh : 1-2 tailed dari kepuasan pelanggan dengan kualitas layanan.
9. Interval Kepercayaan : Interval antara 2 angka yang dipercaya nilai parameter populasi terletak dalam interval. Contoh : Tertera pada kemasan mi instan 200gr, setelah diambil sampel 14 bungkus, ternyata beratnyasekitar 198gr.
10. P-Value : Probabilitas, besarnya peluang melakukan kesalahan jika menolak hipotesis nol. Contoh : Penelitian menghasilkan mesyarakat lebih suka produk A, tetapi peneliti (pedagang) tidak menerimanya dan malah memperbanyak produk B namun dengan kadar 5% dari hasil penelitian tersebut.

Diatas itu tugas aku yang pertama dari dosen statistika yang baru pertama kali ngajar tapi udah ngasih segini banyak tugas, tapi alhamdulillah sih bisa menambah sedikit wawasan. WARNING !!! Segala bentuk kesalahan yang terdapat didalamnya bukan tanggung jawab aku :D Silahkan dipakai referensi dan jangan lupa kritiknya ya biar jadi lebih baik :) Klik ya, pekerjaan aku
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berpendapat pada artikel yang sudah Anda baca. Semua komentar tentang sanggahan, pertanyaan dan lain sebagainya akan dimoderasi terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi Slide Out For Blogger
 
Support : KaAzima's Blog | KaAzima's Gallery | KaAzima's Blogazine
Copyright © 2013. OTOMOTEKNO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger